Beranda > Artikel, Artikel Islami, Free Download, informasi, Jurnal Hukum > Hikmah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Hikmah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi bisa kita renungi menurut logika paling sederhana. Bahwa memperingati hari kelahiran nabi berarti menguak sejarah nabi dan rasul SAW. Al-Qur’an saja banyak berkisah tentang sejarah orang-orang kafir, sejarah  para pendusta Allah, apalagi sejarah para nabi dan rasul. Ini menunjukkan betapa pentingnya merenungi sejarah nabi, di samping menanamkan rasa cinta kita kepada rasul SAW, dengan seluruh akhlak, ajaran, akidah dan cahayanya. Banyak kalangan yang membid’ahkan maulid Nabi, dengan alasan di zaman Nabi maupun sahabat tidak pernah ada. Pandangan dan pemikiran tersebut tentulah sangat dangkal dalam memahami Islam secara total.

Kalau kita ingin melihat, menganalisa, memahami buah kelapa, tidak hanya melihat kulitnya saja, tetapi harus sampai kebuahnya, santannya, minyaknya, bahkan atom kelapanya. Mungkin anda sudah beriman, sudah muslim, tetapi coba anda tanya kepada diri sendiri, apakah anda sudah mencintai Allah dan RasulNya? Sementara itu ada keterangan yang menyatakan “Barang siapa yang mencintai sesuatu maka akan banyak mengingatnya”. Sekali lagi anda amati serta cermati perayaan Maulid Nabi SAW, mulai dari berkumpulnya orang-orang muslimin pada suatu tempat yang bisa di jadikan media silaturahmi, dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Pembacaan sholawat Nabi, siraman rohani (pengajian/thalabul ‘ilmi) dan di akhiri pembacaan do’a serta sedikit makanan yang merupakan sedekah dari para agnia (dermawan).

Menurut hemat penulis semua acara dalam Maulid Nabi tersebut merupakan aplikasi dari ajaran Islam. Bagaimana menurut pendapat anda? Yang jelas perbedaan pandangan adalah rahmat selama dapat ditanggapi dengan sikap positif dan pikiran jernih. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita..

  1. 30 Juni 2012 pukul 7:35 pm

    Oh my goodness! Awesome article dude! Thank you so much, However I am experiencing troubles with your RSS.
    I don’t know the reason why I can’t join it. Is there anyone else having similar RSS issues? Anybody who knows the solution can you kindly respond? Thanks!!

  2. 4 Maret 2011 pukul 1:51 pm

    Betul Betul Betul

  3. 4 Maret 2011 pukul 1:49 pm

    Saya setuju dengan itu

  4. 30 November 2010 pukul 5:10 pm

    anta jaid……….ahsanta ya akhi…….ra’yuka shahih

    • 7 Desember 2010 pukul 8:24 am

      Syukron ya akhi

  5. u92
    11 Juni 2010 pukul 4:38 pm

    kunjung balik yuuuuaaaa,,kenal ma nenenk ga?????? alumni al-mushlih tea……

    • 21 Juni 2010 pukul 1:33 pm

      kenal…..

  6. 25 Februari 2010 pukul 8:31 pm

    Assalammualaikum…..Mudah2n kita semua termasuk umatnya Nabi Muhammad SAW…..dengan Mencintai Rosulullah SAW melalu Perbanyak membaca sholawat Nabi Muhammad dan Merasa Senang atas kelahiran Nabi Muhammad SAW melalui Maulid Nabi Muhammad SAW, semoga kita semua selalu mendapatkan Rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW…Amin

    • 6 Maret 2010 pukul 6:54 pm

      Amien..!!!! semoga kita semua yang mencintai rasulullah dapat syafa’atnya…

  7. 23 Mei 2009 pukul 12:19 pm

    Ass.Wr.Wb, Hallo yang punya karawang, goyangannya masih mantap kale…..salam kenal ya mas…..
    postingnya bagus2 ya…
    titip salam ya buat semua teman2 yang dah mampir kesini

  8. fiidya
    21 Maret 2009 pukul 10:48 am

    buat saya apapun kegiatan yang di buat itu selama kegiatan tersebut tidak keluar dari Alquran dan Sunah Rasul,maka saya akan mendukungnya..!
    Salam kenal saudaraku…Makasih sudah jalan2 di tempat saya…!

  9. 18 Maret 2009 pukul 8:08 am

    simpel aja, buat saya itu adalah wujud cinta Rasul, kakasih Allah..

  10. guskar
    17 Maret 2009 pukul 4:11 pm

    Di kalangan umat selalu saja ada perbedaan pendapat yang sifatnya khilafiah. Untuk menghindari perbedaan pendapat dan pertentangan tsb alangkah baiknya apabila segala hal yang berpotensi mengarah ke sana dpt dihindari dengan cara santun, hikmah, arif dan bijaksana serta memberikan alternatif terbaik sehingga tidak ada pihak yang merasa dikalahkan atau dimenangkan. Untuk mengungkapkan cinta Rasulullah SAW bisa dengan menggalakkan kajian-kajian Sirah Rasulullah SAW.

    • 17 Maret 2009 pukul 5:30 pm

      Betul…!! galakan kajian-kajian Sirah Rasulullah SAW. cuma sayang pengajian-pengajian jarang yang menggalakan itu.. maka bagi kalangan yang punya tradisi memperingati Maulid Nabi mungkin itu salah satu cara menggalakannya.. karena dalam definisi maulid Nabi juga diantaranya ada kalimat “harus diceritakan riwayat hidup Rasulullah SAW.”

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: